Variasi Selat Solo

Meskipun pada perkembangannya, pecel disebut sebagai salad Jawa, hal itu hanya untuk memudahkan pengenalan makanan ini pada wisatawan asing.

Sampai kini ditemukan ada dua jenis selat, antara lain selat daging yang terdiri atas daging sapi iris kemudian dimasak dengan bumbu semur. Daging yang dimasak semur ini kemudian disajikan seperti kita hendak menyajikan steak.

Varian kedua dari selat Solo ialah selat yang disebut dengan selat galantine. Selat ini jauh lebih mudah beradaptasi di dunia international, karena dekat dengan kuliner Perancis yang juga dikenal dengan nama ayam kodok di samping disebut galantine, yakni olahan ayam tidak memiliki tulang di dalam dagingnya. Penamaan yang memiliki kesamaan meski berbeda cara menyajikan dan juga bumbu ini membuat selat galantine malah mudah dikenal dunia internasional.

Ayam kodok khas Perancis ini disajikan dengan cara dibungkus daun pisang seperti lontong kukus, di dalmanya dibumbui dan dicampur dengan tepung panir dan telur. Sedangkan Selat Solo adalah sajian yang terdiri dari semur daging sapi, ditambah dengan buncis, wortel, dan telur, disiram dengan saus dan acar.

Dilihat dari bahan-bahan yang disajikan sangat berbeda bukan? galantine ala Jawa dengan galantine ala Perancis tersebut?

Selat Solo

Rahasia olahan Selat Solo

Selat Solo dibuat dari bahan-bahan berupa: daging sapi bagian dalam yang potong melintang serat, dimasak dengan bumbu yang terdiri atas bawang merah yang diiris tipis, kecap manis, tomat yang sudah dipotong-potong, kayumanis, cengkeh, pala, margarin, air. Sementara itu, untuk membuat kuahnya, Anda memerlukan bahan seperti bawang putih, lada, dan garam yang kemudian di masak bersama air sampai mendidih di dalam panci.

Bahan pelengkap saat selat solo disajikan antara lain buncis potong yang sudah direbus. Potong kubis dalam ukuran tidak lebih dari tiga cm, tambahkan juga wortel potong dengan ukuran yang sama. Masak wortel sampai lunak. sajian menjadi kurang lengkap jika belum ada putih telur rebus yang diiris panjang-panjang.

Jangan lupa bahan pelengkap yang akan membuat selat solo menjadi semakin sedap, yakni saus. Saus selat solo dibuat dari kuning telur yang dikocok kemudian dimasak dengan campuran margarin cair, air jeruk nipis, gula pasir, dan garam.

Penyajian Selat Solo agar nampak cantik dan menarik

Agar Anda bisa memperlihatkan susunan selat solo yang cantik dan menggugah selera, aturlah sayuran, keripik kentang, dan telur rebus terlebih dahulu di atas piring. Kemudian letakkan potonan daging di antaranya. Lalu tuangkan kuah secukupnya. Tambahkan satu sendok makan mayones di atasnya. Buat susunanya serapi mungkin. Sajikan bersama kuah di mangkuk terpisah.

Sebelum menyantapnya, Anda bisa mecampurkan semua bahan bersama kuahnya. Mayones akan menambah rasa gurih. Sisanya, selamat menikmati!

 

Leave a Reply