Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memulai Ayam Petelur

Ayam petelur adalah jenis ternak ayam yang dibudidayakan tidak hanya untuk diambil dagingnya saja, tapi juga telur yang dihasilkan. Dalam proses membangun usaha ternak ayam ini, sebenarnya sama saja seperti beternak ayam pedaging, hanya saja ada beberapa hal berbeda yang harus dipersiapkan sebelum memulai usaha, apa saja? mari simak artikel di bawah ini.

1. Pilih jenis ayam yang tepat

Ayam petelur memiliki dua tipe, yaitu ayam yang memiliki warna bulu yang putih, dan coklat. Ayam putih adalah ayam dewasa yang bisa menghasilkan banyak sekali telur dalam setahun, mencapai 260 butir. Pemeliharaan ayam putih juga lebih mudah, cukup hindari ayam dari cuaca dengan panas ekstrem, karena hal itu dapat mengurang produksi telur ayam. Untuk ayam coklat, pembelian bibit awal memang lebih mahal, namun hal tersebut juga sebanding dengan kualitas telur ayam yang lebih besar dan mahal harganya. Namun, jika Anda membandingkan kedua jenis ayam ini, ayam putih memang lebih produktif.

ternak ayam petelur

2. Bentuk kandang

Ayam jenis ini tentu memiliki bentuk kandang yang berbeda dari ternak ayam biasa. Pembuatan kandang bisa dengan dua cara, bisa kandang yang tanpa sekat atau kandang yang sekaligus berisi ribuan ayam, atau kandang terpisah, yang setiap kandang diisi oleh beberapa ayam saja. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan yang kira-kira memudahkan pekerjaan Anda saat pengambilan telur. Selain itu, sediakan banyak jerami pada dasar kandang sebagai media tempat telur.

3. Pemanenan telur ayam

Jika memilih beternak ayam yang menghasilkan telur, sebaiknya tentukan dengan bijak kapan Anda memanen telur-telur tersebut. Hal tersebut agar mempermuda identifikasi kualitas telur, karena tidak semua telur yang dihasilkan adalah telur yang memiliki kualitas yang bagus. Telur yang berbentuk oval, warna terang biasanya memiliki kualitas baik, sedangkan telur yang cangkangnya tebal dan bentuknya tidak sempurna, kualitasnya juga lebih rendah, atau bahkan rusak.

Itulah hal yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin membudidayakan ayam petelur sebagai bisnis. Tidak terlalu sulit bukan, semoga bisa membantu anda yang sedang memulai usaha ternak ayam petelur

Leave a Reply